Biografi K.H. M. Munawwir, Pendiri Pesantren Krapyak Yogyakarta

biografi-kh-m-munawir-pendiri-pesantren-krapyak-yogyakarta

JAS HIJAU – K.H. M. Munawwir Krapyak adalah putera K.H. Abdullah Rosyad bin K.H. Hasan Bashari. Dahulu, ada seorang ulama pejuang, K.H. Hasan Bashari namanya, atau yang lebih dikenal dengan nama Kiai Hasan Besari ajudan Pangeran Diponegoro. Beliau sangat ingin menghafalkan Kitab Suci al-Qur’an namun terasa berat setelah mencobanya berkali-kali. Akhirnya beliau melakukan riyadah dan ber-mujahadah, hingga suatu saat Allah swt mengilhamkan bahwa apa yang dicita-citakan itu baru akan dikaruniakan kepada keturunannya.

Begitu pula anak beliau, K.H. Abdullah Rosyad, selama 9 tahun riyadah menghafalkan al-Qur’an, ketika berada di Tanah Suci Makkah, beliau mendapat ilham bahwa yang akan dianugerahi hafal al-Qur’an adalah anak-cucunya.

K.H. Abdullah Rosyad dikaruniai 11 orang anak dari 4 orang isteri, salah satunya adalah K.H. M. Munawwir yang merupakan buah pernikahannya dengan Nyai Khadijah, dari Bantul.

Masa Belajar K.H. M. Munawwir
Guru pertama K.H. M. Munawwir adalah ayahnya sendiri. Sebagai targhib (penyemangat) nderes al-Qur’an, Kiai Abdullah Rosyad memberikan hadiah sebesar Rp2,50-, jika dalam tempo satu minggu dapat mengkhatamkannya sekali. Ternyata hal ini terlaksana dengan baik, bahkan terus berlangsung sekali pun hadiah tak diberikan lagi.

K.H. M. Munawwir tidak hanya belajar qira’at (bacaan) dan menghafal al-Qur’an, tetapi juga ilmu-ilmu lain yang beliau timba dari para ulama di masa itu, di antaranya; K.H. Abdullah (Kanggotan, Bantul), Syaikhona Kholil (Bangkalan, Madura), K.H. Soleh (Darat, Semarang), K.H. Abdurrahman (Watucongol, Magelang).

Setelah itu, pada tahun 1888 M, K.H. M. Munawwir melanjutkan pengajian al-Qur’an serta pengembaraan menimba ilmu ke Haramain (dua Tanah Suci), baik di Makkah al-Mukarramah maupun di Madinah al-Munawwarah. Adapun Guru-guru beliau di sana, antara lain: Syekh Abdullah Sanqara, Syekh Syarbini, Syekh Mukri, Syekh Ibrahim Huzaimi, Syekh Manshur, Syekh Abdus Syakur, Syekh Mushthafa, Syekh Yusuf Hajar (guru beliau dalam qira’ah sab’ah).

Pernah dalam suatu perjalanan dari Makkah ke Madinah, tepatnya di Rabigh, K.H. M. Munawwir berjumpa dengan seorang tua yang tidak beliau kenal. Orang tua itu mengajak berjabat tangan, lantas beliau minta didoakan agar menjadi seorang hafidz al-Qur’an sejati. Lalu orang tua itu menjawab: “Insyaaallah.” Menurut K.H. Arwani Amin (Kudus), orang tua itu adalah Nabiyullah Khidhir as.

K.H. M. Munawwir ahli dalam qira’ah sab’ah (tujuh bacaan al-Qur’an). Dan salah satunya adalah qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Imam Hafsh. Berikut inilah Sanad Qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Hafsh K.H. M. Munawwir sampai kepada Nabi Muhammad saw, yaitu:

Darai Syekh Abdulkarim bin Umar al-Badri ad-Dimyathi, dari Syekh Isma’il, dari Syekh Ahmad ar-Rasyidi, dari Syekh Mushthafa bin Abdurrahman al-Azmiri, dari Syekh Hijaziy, dari Syekh Ali bin Sulaiman al-Manshuriy, dari Syekh Sulthan al-Muzahiy, dari Syekh Saifuddin bin ‘Athaillah al-Fadhaliy, dari Syekh Tahazah al-Yamani, dari Syekh Namruddin ath-Thablawiy, dari Syekh Zakariyya al-Anshari, dari Syekh Ahmad al-Asyuthi, dari Syekh Muhammad ibn al-Jazariy, dari Imam Abi Abdillah Muhammad bin Khaliq al-Mishri asy-Syafi’i, dari Imam Abi al-Hasan bin asy-Syuja’ bin Salim bin Ali bin Musa al-‘Abbasi al-Mishri, dari Imam Abi Qasim asy-Syathibi, dari Imam Abi al-Hasan bin Huzail, dari Ibnu Dawud Sulaiman bin Najjah, dari Al-Hafidz Abi ‘Amr ad-Daniy, dari Abi al-Hasan ath-Thahir, dari Syekh Abi al-‘Abbas al-Asynawiy, dari ‘Ubaid ibnu ash-Shabbagh, dari Imam Hafsh, dari Imam ‘Ashim, dari Abdurrahman as-Salma, dari Sadatina Utsman bin ‘Affan, ‘Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit, ‘Ali bin Abi Thalib, dari Rasulullah Muhammad saw, dari Allah swt dengan perantaraan Malaikat Jibril as.

K.H. M. Munawwir menekuni al-Qur’an dengan riyadah, yakni sekali khatam dalam 7 hari 7 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam 3 hari 3 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam sehari semalam selama 3 tahun, dan terakhir adalah riyadah membaca al-Qur’an selama 40 hari tanpa henti hingga mulut beliau berdarah karenanya.

Setelah 21 tahun menimba ilmu di Tanah Suci, K.H. M. Munawwir pun kembali ke kediamannya di Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1909 M.

Akhlak K.H. M. Munawwir
K.H. M. Munawwir selalu memilih awal waktu untuk menunaikan salat, lengkap dengan salat sunah rawatib-nya. Salat Witir beliau tunaikan 11 rakaat dengan hafalan al-Qur’an sebagai bacaannya. Begitu juga dalam mudawamah beliau terhadap salat Isyroq (setelah terbit matahari), salat Dhuha dan salat Tahajud.

Beliau mewiridkan al-Qur’an tiap selepas Ashar dan Shubuh. Walau sudah hafal, sering kali beliau tetap menggunakan mushaf. Bahkan ke mana pun beliau bepergian, baik berjalan kaki maupun berkendara, wirid al-Qur’an tetap terjaga. Beliau mengkhatamkan al-Qur’an sekali tiap satu minggu, yakni pada hari Kamis sore. Demikianlah beliau mewiridkan al-Qur’an semenjak berusia 15 tahun.

Waktu siang beliau lewatkan dengan mengajarkan al-Qur’an, dan di waktu senggang beliau masuk ke dalam kamar khusus (dahulu terletak di sebelah utara masjid) untuk ber-tawajjuh kepada Allah swt. Sedangkan di malam hari beliau istirahat secara bergilir di antara isteri-isteri dengan demikian adilnya.

Beliau memiliki 5 orang isteri, adapun isteri kelima, dinikahi setelah wafatnya isteri pertama, yakni;
Nyai R. A. Mursyidah (Keraton, Yogyakarta), Nyai Hj. Sukis (Wates, Yogyakarta), Nyai Salimah (Wonokromo, Yogyakarta), Nyai Rumiyah (Jombang, Jawa Timur), Nyai Khadijah (Kanggotan, Yogyakarta).

Begitulah K.H. M. Munawwir hidup beserta keluarga di tengah ketenangan, kerukunan, istikamah dan wibawa, dengan berkah al-Qur’an al-Karim. Orang hafal al-Qur’an (hafidz) yang beliau akui adalah orang yang bertakwa kepada Allah, dan salat Tarawih dengan hafalan al-Qur’an sebagai bacaannya.

Begitu besar pengagungan beliau terhadap al-Qur’an, sampai-sampai undangan Haflah Khatmil Qur’an hanya beliau sampaikan kepada mereka yang jika memegang Mushaf al-Qur’an selalu dalam keadaan suci dari hadats.

Pernah terjadi seorang santri asal Kotagede dengan sengaja memegang Mushaf al-Qur’an dalam keadaan hadats. Setelah diusut oleh K.H. M. Munawwir, akhirnya santri tersebut mengakuinya. Atas pengakuannya, si santri di-takzir, kemudian dikeluarkan dari pesantren dalam keadaan sudah menghafalkan al-Qur’an 23,5 juz.

Setiap setengah bulan sekali beliau memotong rambut. Juga tak pernah diketahui membuka tutup kepala, selalu tertutup, baik itu dengan kopiah atau sorban maupun keduanya. Menggunting kuku selalu beliau lakukan tiap hari Jumat.

Pakaian beliau sederhana namun sempurna untuk melakukan ibadah, rapi dan bersetrika. Jubah, sarung, sorban, kopiah dan tasbih selalu tersedia. Pakaian dinas Keraton Yogyakarta selalu beliau kenakan ketika menghadiri acara-acara resmi Keraton. Untuk bepergian, beliau sering mengenakan baju jas hitam, sorban, dan sarung.

Beliau tidak suka makan sampai kenyang, terlebih lagi di bulan Ramadan, yakni cukup dengan satu cawan nasi ketan untuk sekali makan. Jika ada pemberian bantuan dari orang, beliau pergunakan sesuai dengan tujuan pemberinya. Jika ada kelebihan, maka akan dikembalikan lagi kepada pemberinya.

Walau beliau termasuk dalam abdi dalem (anggota dalam) Keraton, namun beliau tidak suka mendengarkan pementasan Gong Barzanji. Sebagai hiburan, beliau senang sekali mendengarkan lantunan salawat-salawat, Burdah dan tentunya Tilawatil Qur’an.

Para santri beliau perintahkan untuk berziarah di Pemakaman Dongkelan tiap Kamis sore. Tiap berziarah, beliau membaca surat Yasin dan Tahlil. Apabila terjadi suatu peristiwa yang menyangkut umat pada umumnya, beliau mengumpulkan semua santri untuk bersama-sama tawajjuh dan memanjatkan doa ke hadirat Allah, biasanya dengan membaca salawat Nariyyah 4.444 kali atau surat Yasin 41 kali.

Selain mengasuh santri, beliau tak lantas meninggalkan tugas sebagai kepala rumah tangga. Tiap selepas Subuh, beliau mengajar al-Qur’an kepada segenap keluarga dan pembantu rumah tangga. Nafkah dari beliau, baik untuk isteri-isteri maupun anak-anak, selalu cukup menurut kebutuhan masing-masing. Suasana keluarga senantiasa tenang, tenteram, rukun, dan tidak sembarang orang keluar-masuk rumah selain atas izin dan perkenan dari beliau.

Hampir-hampir beliau tak pernah marah kepada santrinya, selain dalam hal yang mengharuskannya. Pernah suatu waktu beliau tiduran di muka kamar santri, tiba-tiba bantal yang beliau pakai diambil secara tiba-tiba oleh seorang santri, sampai terdengar suara kepala beliau mengenai lantai. Lantas beliau memanggil santri yang mengambil bantal tadi seraya berkata: “Nak, saya pinjam bantalmu, karena bantal yang saya pakai baru saja diambil oleh seorang santri.”

Seringkali beliau memberikan sangu (bekal, uang saku) kepada santri yang mohon izin pulang ke kampung halamannya, dan sangat memperhatikan kehidupan santri-santrinya. Para santri pun dianjurkan untuk bertamasya ke luar pesantren, biasanya sekali tiap setengah bulan, sebagai pelepas penat.

Sebagai layaknya seorang ulama, K.H. M. Munawwir juga akrab dan sering mendapat kunjungan dari para ulama lain, di antaranya: Murid-murid Syekh Yusuf Hajar dari Madinah, K.H. Said (Gedongan, Cirebon), K.H. Hasyim Asy’ari (Tebuireng, Jombang), K.H. R. Asnawi (Kudus), K.H. Manshur (Popongan, Klaten), K.H. Siroj (Payaman, Magelang) K.H. Dalhar (Watucongol, Magelang), K.H. Ma’shum (Lasem), K.H. R. Adnan (Solo), K.H. Dimyati (Tremas, Pacitan), K.H. Idris (Jamsaren, Solo), K.H. Abbas (Buntet, Cirebon), K.H. Siroj (Gedongan, Cirebon), K.H. Harun (Kempek, Cirebon), K.H. Muhammad (Tegalgubuk, Cirebon), para kiai dari Jombang dan Pare (Kediri), Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan IX, B.R.T. Suronegoro, K.H. Asy’ari (Wonosobo) yang merupakan teman semasa belajar di Tanah Suci.

Selain dikunjungi, beliau juga kerap kali mengadakan kunjungan balasan terhadap para ulama yang lain, seperti kepada K.H. Hasyim Asy’ari (Jombang), K.H. Ahmad Dahlan (Yogyakarta), maupun yang lainnya.

Beliau juga mendapat kepercayaan dari pihak Keraton untuk menjadi anggota Jemangah, yakni jamaah salat tetap yang terdiri dari 41 orang ulama, dimaksudkan sebagai penolak bencana negara.

Dakwah K.H. M. Munawwir
Sepulang dari Makkah pada tahun 1909 M, beliau lantas mendakwahkan al-Qur’an di sekitar kediamannya di Kauman. Tepatnya di sebuah langgar kecil miliknya, tempat tersebut sekarang sudah menjadi Gedung Nasyiatul ‘Aisyiyyah Yogyakarta.

Lantas pindah ke Gading, tinggal bersama kakaknya, K.H. Mudzakkir. Namun karena berbagai sebab, juga atas saran dari K.H. Said (pengasuh Pondok Pesantren Gedongan, Cirebon), pada tahun 1910 M ia pun hijrah ke Krapyak setelah selesainya pembangunan tempat tinggal dan komplek pesantren di sana, di tanah milik Bapak Jopanggung yang kemudian dibeli dengan uang amal dari Haji Ali.

Pada 15 November 1910, Pondok Pesantren Krapyak mulai ditempati untuk mengajar al-Qur’an. Dilanjutkan dengan pembangunan masjid atas prakarsa K.H. Abdul Jalil.

Konon, K.H. Abdul Jalil dalam memilih tempat untuk pembangunan masjid, adalah dengan menggariskan tongkatnya di atas tanah sehingga membentuk batas-batas wilayah yang akan dibangun masjid. Dengan kehendak Allah, wilayah yang dilingkupi garis itu tidak ditumbuhi rumput.

K.H. M. Munawwir selalu mengerahkan segenap santri untuk melakukan amaliyah membaca surat Yasin tiap selesai pembangunan berlangsung. Pembangunan terus berlanjut secara bertahap, mulai dari masjid, akses jalan, dan gedung komplek santri hingga tahun 1930 M.

Di Pondok Pesantren Krapyak inilah ia memulai berkonsentrasi dalam pengajaran al-Qur’an. Para santri sangat menghormatinya, bukan karena takut, melainkan karena haibah, wibawa beliau.

Pengajian pokok yang diasuh langsung oleh K.H. M. Munawwir adalah Kitab Suci al-Qur’an, yakni terbagi atas 2 bagian; bin-nadzor (membaca) dan bil-ghoib (menghafal). Santri bermula dari surat al-Fatihah, lantas lafaz Tahiyyat sampai dengan salawat Ali Sayyidina Muhammad, kemudian surat an-Nas sampai surat an-Naba’, baru kemudian surat al-Fatihah diteruskan ke surat al-Baqarah sampai khatam surat an-Nas.

Selain itu, pengajian kitab-kitab juga digelar sebagai penyempurna. Suatu hari pada tahun 1910, seorang santri dari Purworejo, yang dianggap mampu oleh beliau diperintahkan: “Ajarkanlah ilmu fikih kepada santri-santri di hari Jumat, biarlah mereka mengenal air.”

Begitu seterusnya berkembang, baik kitab fikih maupun tafsir, makin menonjol di samping pengajian al-Qur’an yang utama. Beliau mengajar secara sistem musyafahah, yakni sorogan, tiap santri langsung membaca di hadapan beliau, jika ada kesalahan beliau langsung membetulkannya.

Adab (tata krama) dalam pengajian al-Qur’an sangat ia tekankan kepada para santri. Berbagai aturan dan ta’ziran diberlakukan terhadap para santri. Untuk santri yang telah khatam, maka dipanjatkanlah doa untuknya langsung oleh K.H. M. Munawwir, lantas diberikanlah baginya sebuah ijazah, yang intinya berisi pengakuan ilmu dari guru kepada muridnya serta tarattubur-ruwat (urutan riwayat) atau sanad dari Sang Guru sampai kepada Rasulullah saw secara lengkap.

Banyak di antara murid-muridnya yang juga meneruskan perjuangan di kampung masing-masing, berupa mendakwahkan Islam pada umumnya, dan pengajaran al-Qur’an pada khususnya. Misal; K.H. Arwani Amin (Kudus), K.H. Badawi (Kaliwungu-Semarang), Kiai Zuhdi (Nganjuk-Kertosono), K.H. Umar (Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan, Solo), Kiai Umar (Kempek, Cirebon), K.H. Noor (Tegalarum, Kertosono), K.H. Muntaha (Pondok Pesantren Al-Asy’ariyyah Kalibeber, Wonosobo), K.H. Murtadha (Buntet, Cirebon), Kiai Ma’shum (Gedongan, Cirebon), K.H. Abu Amar (Kroya), K.H. Suhaimi (Pondok Pesantren Tamrinus Shibyan Benda, Bumiayu), Kiai Syathibi (Kyangkong, Kutoarjo), K.H. Anshor (Pepedan, Bumiayu), K.H. Hasbullah (Wonokromo, Yogyakarta), Kiai Muhyiddin (Jejeran, Yogyakarta), Haji Mahfudz (Purworejo).

Untuk para mutakharrijiin (alumni), beliau senantiasa menjalin hubungan dan bimbingan, bahkan berupa kunjungan ke tempat masing-masing.

Karamah K.H. M. Munawwir
K.H. Abdullah Anshar (Gerjen, Sleman) mengetahui beliau wafat, maka menangislah ia serta mengatakan tak kerasan lagi hidup di dunia tanpa beliau. Setelah pulang ke rumah, K.H. Abdullah langsung menyusul pulang ke Rahmatullah.

K.H. Aqil Siradj (Kempek, Cirebon) dikala masih berusia sekitar 8 tahun belum bisa mengucap dengan jelas bunyi “R”. Namun setelah minum air bekas cucian tangan beliau, langsung dapat membaca “R” dengan jelas.

Kala mengajar, biasanya beliau sambil tiduran, bahkan kadang benar-benar tertidur. Namun bila ada santri yang keliru membaca, beliau langsung bangun dan mengingatkannya.

Saat baru berusia 10 tahun, beliau berangkat mondok kepada Syaikhona Kholil di Bangkalan, Madura. Sampai di sana, saat akan dikumandangkan ikamat, Syaikhona Kholil tidak berkenan menjadi imam salat seraya berkata: “Mestinya yang berhak menjadi imam salat adalah anak ini (yakni K.H. M. Munawwir). Walaupun ia masih kecil tetapi ahli qira’at.”

Sewaktu awal di Tanah Suci, beliau mengirimkan surat kepada ayahnya, menyatakan niat untuk menghafalkan al-Qur’an. Namun ayah beliau belum memperkenankannya, sehingga berniat mengirimkan surat balasan. Namun, belum sempat mengirimkan surat balasan, sang ayah sudah mendapat surat kedua dari puteranya yang menyatakan bahwa ia sudah terlanjur hafal. Dihafalkannya dalam waktu 70 hari (keterangan lain menyatakan 40 hari). Dan, masih banyak lagi karamah K.H. M. Munawwir yang lainnya.

Wafat dan Penerus K.H. M. Munawwir
Sebagaimana manusia pada umumnya, K.H. M. Munawwir menderita sakit selama 16 hari. Pada mulanya terasa ringan, namun lama-kelamaan semakin parah. Tiga hari terakhir saat beliau sakit, beliau tidak tidur.

Selama sakit, selalu berkumandanglah bacaan surat Yasin 41 kali yang dilantunkan oleh rombongan-rombongan secara bergantian. Satu rombongan selesai membaca, maka rombongan lain menyusulnya, demikian tak ada putusnya.

Akhirnya, K.H. M. Munawwir wafat selepas Jumat, 11 Jumadil Akhir tahun 1942 M di kediamannya di komplek Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta. Dikala beliau menghembuskan nafas terakhir, ditunggui oleh seorang puteri beliau, Nyai Jamalah, yakni ketika rombongan pembaca surat Yasin belum hadir.

Salat jenazah dilaksanakan bergiliran lantaran banyaknya orang yang bertakziyah. Imam salat jenazah kala itu adalah K.H. Muhammad Manshur (Popongan, Klaten), K.H. R. Asnawi (Bendan, Kudus), dan besan beliau K.H. Ma’shum (Suditan, Lasem).

Beliau tidak dimakamkan di komplek Pondok Pesantren Krapyak, melainkan di Pemakaman Dongkelan, yakni sekitar 2 km dari komplek pesantren. Dan sepanjang jalan itulah, terlihat kaum Muslimin dari berbagai golongan penuh sesak mengiring dan bermaksud mengangkat jenazah beliau, sampai-sampai keranda jenazah beliau cukup ‘dioperkan’ dari tangan ke tangan yang lain, sampai di Pemakaman Dongkelan.

Jenazah K.H. M. Munawwir dikebumikan di sana, dan selama lebih dari seminggu pusara beliau selalu penuh dengan peziarah dari berbagai daerah untuk membaca al-Qur’an.

Beliau wafat meninggalkan pesantren yang merupakan tonggak pemisah suasana. Suasana sebelum dibangun pesantren, Krapyak dikenal sebagai tempat rawan, penuh kegelapan, Abangan dan sedikit yang menjalankan ajaran Islam. Bersamaan dengan didirikannya pesantren, banyak pula usaha busuk dari golongan-golongan Klenik yang dengki dan selalu merintangi perintisan pesantren.

Namun upaya-upaya itu musnah, dan suasana gelap beralih menjadi ramai dan meriah dengan alunan ayat-ayat suci al-Qur’an dengan segala konsekuensinya.

K.H. M. Munawwir berwasiat, agar keluarga melanjutkan perjuangan pesantren, tepatnya kepada 2 orang putera dan 4 orang menantu. Akan tetapi karena beberapa udzur, perjuangan pesantren dikawal secara langsung oleh 3 tokoh yang dikenal sebagai Tiga Serangkai yakni:

K.H. R. Abdullah Affandi
Putera beliau dari Nyai R. A. Mursyidah asal Keraton Yogyakarta. Di samping menangani pengajian al-Qur’an, beliau juga mengurusi hubungan pesantren dengan dunia luar. Beliau wafat pada 1 Januari 1968.

K.H. R. Abdul Qadir
Putera beliau dari Nyai R. A. Mursyidah asal Keraton Yogyakarta. Pada tahun 1953, para santri penghafal al-Qur’an dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah wadah, yakni Madrasatul Huffadz yang disponsori oleh K.H. R. Abdul Qadir, dibantu K.H. Mufid Mas’ud (menantu K.H. M. Munawwir), Kiai Nawawi (menantu K.H. M. Munawwir) dan Hasyim Yusuf dari Nganjuk.

Ada 2 sistem yang ditempuh di Madrasatul Huffadz. Pertama, adalah sistem perseorangan, yakni kiai menurut kepada santri untuk menghafalkan suatu ayat, surat maupun juz. Kedua, adalah sistem jamaah mudarasah, yakni seorang santri disuruh menghafal suatu ayat, surat atau juz, kemudian membacanya lantas berhenti dan dilanjutkan oleh santri yang lain, demikian sampai khatam 30 juz. Untuk mentashhih kembali hafalan santri-santri yang sudah khatam, maka diharuskan melakukan ‘Ardhah secara musyafahah sampai tiga kali khatam.

Untuk menguji kelancaran hafalan, adalah dengan dibacanya suatu ayat oleh kiai dan santri disuruh melanjutkannya. Begitu pula ditanyakan kepada santri tentang letak ayat tersebut dalam surat apa, halaman berapa, bagian mana, lembar kiri atau kanan, ayat nomor berapa, sampai surat baru masih berapa ayat lagi. Seperti itulah seluk beluk menghafalkan al-Qur’an di Madrasatul Huffadz saat itu. Setelah hafal seluruh al-Qur’an, maka selama 41 hari dilanjutkan mudarasah (nderes) dengan mengkhatamkan 41 kali juga. K.H. R. Abdul Qadir wafat pada 2 Februari 1961.

K.H. Ali Maksum
Menantu beliau asal Lasem, suami dari Nyai Hj. Hasyimah. Beliau sudah turut mengasuh pesantren sejak 1943. Beliau adalah perintis dan pengasuh pengajian kitab-kitab selepas K.H. M. Munawwir wafat, yakni sejak kepulangan beliau dari Tanah Suci dalam rangka menimba ilmu. Dalam penyelenggarannya, beliau menerapkan beberapa sistem, yakni sistem madrasi (klasik) dan sistem kuliyah, yang masing-masing dilengkapi dengan pengajian sorogan (individual).

Adapun pengajian sorogan ini, beliau berlakukan dengan model semi-otodidak, yakni dengan ditentukannya suatu kitab oleh K.H. Ali Maksum untuk dikaji seorang santri. Tiap sore hari, santri tersebut harus menghadap beliau untuk membaca kitab. Dalam hal ini, santri harus berusaha mempelajarinya sendiri, baik dalam cara membaca maupun menelaah maknanya, baik dengan bertanya maupun berdiskusi dengan rekan dan kitab yang sudah ada maknanya.

Sedangkan K.H. Ali Maksum cukup menyimak bacaan santri sambil mengajukan beberapa pertanyaan, dan membenarkan jika ada kesalahan membaca maupun memahami isinya. Dengan sistem ini, beliau maupun santri telah banyak menghemat waktu serta membuahkan hasil yang memuaskan lagi cermat. K.H. Ali Maksum wafat pada 1989.

Demikianlah estafet kepemimpinan pesantren terus bergulir, semakin berkembang seiring bertambahnya usia, baik dalam metode maupun corak pesantren, namun tak lepas dari sentuhan khas salafiyah-nya. Dan tentunya, tetap berkonsentrasi pada misi awal yang dirintis Sang Muassis (pendiri), yakni membumikan al-Qur’an, memasyarakatkan al-Qur’an dan meng-al-Qur’an-kan masyarakat. [DR]


CATATAN:
Biografi ini disadur dari buku yang berjudul Manaqibus Syaikh: K.H. M. Moenauwir Almarhum: Pendiri Pesantren Krapyak Yogyakarta yang diterbitkan oleh Majlis Ahlein (Keluarga Besar Bani Munawwir) Pesantren Krapyak, keluaran tahun 1975.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *