Hubbul Wathan Minal Iman, Hadis atau Bukan?

hubbul-wathan-minal-iman-hadis-atau-bukan

JAS HIJAU – Redaksi ini apakah sebuah hadis atau bukan sudah diperdebatkan oleh para ahli hadis di abad pertengahan Islam. Kita awali dari pendapat al-Hafidz as-Suyuthi: “Hadis Hubbul Wathan Minal Iman tidak saya temukan sebagai hadis.” (Ad-Durar al-Muntastirah, 1/197)

Ada pula kalangan kritikus hadis yang secara tegas menghukumi palsu, di antaranya al-Hafidz as-Shaghani: “Di antara hadis palsu adalah ungkapan Hubbul Wathan Minal Iman.” (Al-Maudhuat as-Shaghani, 1/2)

Pendapat ini disampaikan pula oleh Syekh ad-Darwisyh dalam Asna al-Mathalib fi Ahadits Mukhtalifah al-Maratib dan Syekh Albani dalam Silsilah Dhaifah.

Namun ada sebagian ulama yang mencantumkan Hubbul Wathan Minal Iman sebagai hadis. Di abad pertengahan disampaikan oleh Syekh Ibnu Allan (1058 H) yang beliau kutip di Syarah Riyadus Shalihin:

“Negeri yang sebenarnya adalah akhirat, kehidupan yang tak ada puncak akhirnya, dengan kehendak dan kuasa Allah. Sebagian ulama mengatakan bahwa ini adalah yang dimaksud dengan hadis Hubbul Wathan Minal Iman. Yakni dianjurkan bagi setiap orang yang sempurna imannya untuk memakmurkan negerinya.” (Dalil al-Falihin, 1/37)

Salah satu ulama Nusantara yang banyak melahirkan ulama, Syaikhona Kholil, lebih cenderung mengikuti pendapat seperti yang disampaikan oleh Syekh Ibnu Allan. Di sebuah manuskrip karya beliau yang berhasil didokumentasikan oleh Tim Turats Syaikhona Kholil di bagian pinggir kitab Hubbul Authan Minal Iman beliau menulis di bawahnya hadis.

Mana yang lebih tepat? Saya condong ikut pendapat ulama yang menempuh jalan tengah di antara kedua pendapat di atas, yakni disampaikan oleh al-Hafidz as-Sakhawi, murid al-Hafidz Ibnu Hajar. Beliau berkata:

“Hadis: Hubbul Wathan Minal Iman, tidak saya jumpai sebagai hadis, tapi secara makna adalah benar.” (Al-Maqashid al-Hasanah, 1/100)

Baca juga: K.H. Soleh Darat (Semarang) dan Cinta Tanah Air


Bagaimana menurut para kiai-kiai NU tentang cinta Tanah Air? Saya mendapat sebuah hadis di kitab Arbain al-Buldaniyah karya Musnid al-‘Ashr, Sayyid Syekh Yasin al-Fadani, di kitab tersebut beliau meriwayatkan hadis dari 40 ulama yang berasal dari 40 negara. Di bagian negara Indonesia, Syekh Yasin menerima hadis dari K.H. Hasyim Asy’ari (salah satu pendiri NU) sebuah hadis tentang mencintai kaum (kalau sekarang adalah negeri). Hadis tersebut:

“Watsilah bin Asqa’ bertanya: ‘Apakah orang yang mencintai kaumnya adalah Ashobiyah?’ Nabi: ‘Tidak! Ashobiyah adalah menolong kaumnya untuk berbuat kezaliman.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, al-Baihaqi, at-Thabrani dan lainnya)

Maka tidak aneh jika murid-murid Syaikhona Kholil dan Hadratussyekh Hasyim Asy’ari memiliki slogan Hubbul Wathan Minal Iman hingga tercipta syair Yaa Lal Wathan. [DR]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *